Senin, 24 September 2012

Alasan saya menilih mata kuliah E-commerce



Perdagangan merupakan kegiatan yang sangat penting yang dilakukan oleh setiap manusia, baik kegiatan pembelian maupun penjualan, karena tidaka ada seseorang yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga memerlukan kegiatan jual beli.
Dalam 10 tahun terakhir terjadi perubahan metode dan cara yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasrkan produknya. Perkembangan internet pada satu dekade ini membuat tejadinya perubahan pola dalam proses perdagangan. Perusahaan melakukan perubhan dalam memasarkan produk hasilnya baik jasa atau manufaktur. Pola pemasaran ini disebut dengan e-commerce.
E-commerce adalah suatu kegiatan baik pembelian penjualan atau pemasaran yanmg dilakukan oleh pelaku usaha dengan melalui internet. Dimana penjual menawarkan  barangnya melalui internet dan pembeli juga mencari barang yang diinginkan melalui internet.
Nah perubahan pola perdagangan inilah yang membuat saya tertarik untuk mengambil mata kuliah E-commerce, karena saya memandang perlu bagi saya untuk mengetahui cara dalam melakukan perdagangan elektronik. Mata kuliah ini saya rasa perlu saya ambil untuk menunjang dari mata kuliah saya yang lain di jurusan manajemen.
Saya merasa bahwa mata kuliah ini penting karena untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis sangat dperlukan keahlian-keahlian lain yang menunjang agar dapat bersaing dengan baik. Dalam menghadapi dunia kerja dimasa yang akan dating tidak hanya diperlukan keahlian dalam bidang yang kita tekuni saja seperti misalnya ekonomi, akan tetapi juga perlu bagi kita untuk menguasai hal-hal lain yang berkaitan dengan ekonomi.
Ekonomi manajemen  jurusan kuliah yang saya ambil menurut saya perlu untuk memperhatikan e-commerce ini, karena nantinya seorang manajer yang baik dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang diperlukan oleh seorang manajer untuk dapat menunjang pekerjaannya, terutama perkembangan internet.
Misalnya saja seorang manajer ingin melihat bagaimana pangsa pasar dari produknya jika dilihat dari sisi pengguna internet, maka disini seorang manajer harus terlebih dahulu mengerti tentang pemasaran internet. Baru dia bisa melakukan market research atau penelitian pasar di internet.
Oleh karena itu mata kuliah E-commerce ini saya pandang perlu untuk saya tempuh karena perlu bagi seorang manajer untuk menguasai teknologi informasi khususnya pemasaran elektronik untuk menunjang dalam pekerjaan yang akan saya jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar