Perdagangan merupakan kegiatan yang
sangat penting yang dilakukan oleh setiap manusia, baik kegiatan pembelian
maupun penjualan, karena tidaka ada seseorang yang dapat memenuhi kebutuhannya
sendiri sehingga memerlukan kegiatan jual beli.
Dalam 10 tahun terakhir terjadi
perubahan metode dan cara yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasrkan
produknya. Perkembangan internet pada satu dekade ini membuat tejadinya
perubahan pola dalam proses perdagangan. Perusahaan melakukan perubhan dalam
memasarkan produk hasilnya baik jasa atau manufaktur. Pola pemasaran ini
disebut dengan e-commerce.
E-commerce adalah suatu kegiatan
baik pembelian penjualan atau pemasaran yanmg dilakukan oleh pelaku usaha
dengan melalui internet. Dimana penjual menawarkan barangnya melalui internet dan pembeli juga
mencari barang yang diinginkan melalui internet.
Nah perubahan pola perdagangan
inilah yang membuat saya tertarik untuk mengambil mata kuliah E-commerce,
karena saya memandang perlu bagi saya untuk mengetahui cara dalam melakukan perdagangan
elektronik. Mata kuliah ini saya rasa perlu saya ambil untuk menunjang dari
mata kuliah saya yang lain di jurusan manajemen.
Saya merasa bahwa mata kuliah ini
penting karena untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis
sangat dperlukan keahlian-keahlian lain yang menunjang agar dapat bersaing
dengan baik. Dalam menghadapi dunia kerja dimasa yang akan dating tidak hanya
diperlukan keahlian dalam bidang yang kita tekuni saja seperti misalnya
ekonomi, akan tetapi juga perlu bagi kita untuk menguasai hal-hal lain yang
berkaitan dengan ekonomi.
Ekonomi manajemen jurusan kuliah yang saya ambil menurut saya
perlu untuk memperhatikan e-commerce ini, karena nantinya seorang manajer yang
baik dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang diperlukan oleh
seorang manajer untuk dapat menunjang pekerjaannya, terutama perkembangan
internet.
Misalnya saja seorang manajer ingin
melihat bagaimana pangsa pasar dari produknya jika dilihat dari sisi pengguna
internet, maka disini seorang manajer harus terlebih dahulu mengerti tentang
pemasaran internet. Baru dia bisa melakukan market research atau penelitian
pasar di internet.
Oleh karena itu mata kuliah
E-commerce ini saya pandang perlu untuk saya tempuh karena perlu bagi seorang
manajer untuk menguasai teknologi informasi khususnya pemasaran elektronik
untuk menunjang dalam pekerjaan yang akan saya jalani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar